Awas Hati-hati Penipuan Tarif Transaksi BCA - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Awas Hati-hati Penipuan Tarif Transaksi BCA



Hati-hati penipuan sering terjadi di masyarakat melalui whatsapp tentang kenaikan trasaksi di BCA hingga Rp. 150.000 per transaksi. Caranya melalui link yang dikirimkan lewat nomor whatsapp supaya mengklik link tersebut.

Jika masyarakat menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal dan memberitahu mengenai rencana kenaikan tarif transaksi Bank BCA, segera abaikan saja dan bila perlu langsung diblok atau melaporkan ke BCA Cabang terdekat. 
Dalam surat pemberitahuan yang masuk ke pesan melalui nomor WA tersebut dijelaskan bahwa biaya transaksi akan menjadi biaya bulanan yang semula bertarif Rp. 6500 setiap transaksi akan berubah menjadi Rp. 150.000 secara otomatis. Kemudian surat tersebut memberikan arahan, apakah setuju atau tidak setuju.

Jebakan penipuan mulai dilancarkan dengan permintaan mengisi formulir kepada nasabah melalui link yang dikirim di bagian bawah surat palsu tersebut. Bagi yang menerima pemberitahuan tersebut segera abaikan karena surat tersebut jelas-jelas bentuk penipuan yang bukan hanya merugikan masyarakat pengguna jasa bank tapi juga pihak bank sendiri yang telah dirugikan nama baiknya.

Mengapa surat pemberitahuan itu jelas-jelas surat palsu? Dari segi bentuk surat dan isinya, jelas-jelas merupakan penipuan yang kurang profesional. Misalkan, dari pengirim saja yaitu dengan menggunakan nomor umum tentu menunjukkan bahwa nomor pengirim bukan nomor resmi dari pihak bank.
 
Kemudian dari isi surat sendiri kesannya penipu kurang pandai dalam tata bahasa yang baku dan resmi layaknya dari sebuah perusahaan besar sekelas Bank BCA. Untuk diketahui saja misalkan, dalam tujuan surat yang tertera Bapak / Ibu Nasabah Bank Bca (dengan menulis hurup pertama besar sementara huruf kedua dan ketiga kecil. 

Coba perhatikan dari huruf saja sudah jelas dikerjakan dengan tanpa memperhatikan sampai detail. Padahal setelah itu penulisan Bank BCA pada isi surat menggunakan huruf besar BCA. Dan banyak lagi keanehan surat penipuan tersebut.
Memang penipuan menggunakan link yang tertera di bagian paling bawah surat tersebut bila dicoba untuk dibuka maka kita akan diarahkan ke sebuah formulir yang seakan-akan resmi dari pihak Bank BCA dengan memberikan pilihan untuk diklik. Sampai di sini jelas kita akan diarahkan untuk membuka informasi dengan menginput data-data kita ke link palsu tersebut.

Rupanya bentuk penipuan yang menggunakan sarana media sosial itu sudah tercium oleh pihak Bank BCA dengan menyampaikan peringatan kepada para nasabah untuk berhati-hati bila menerima surat serupa dengan judul Awas Modus Hoax Surat Kenaikan Tarif Transaksi di website resmi mereka tertanggal 2022-07-05.

Jadi waspadai penipuan melalui whatsapp dan media lainnya melalui media elektronik yang seakan-akan meyakinkan, tapi bisa jadi info tersebut adalah perbuatan para penipu.
  

Awas Hati-hati Penipuan Tarif Transaksi BCA Awas Hati-hati Penipuan Tarif Transaksi BCA Reviewed by Hati Kita on 20.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.