<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.makkellar.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.makkellar.com/2023/09/ini-bedanya-naik-bus-patas-dan-ekonomi.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - RSS" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/2646944499045113697/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/5493406740770714957/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-w_n4gxetwbomDjUhF6aOunkq6RK7-Huk5NPnfPi4Ku4rpzp9Y1Bgp4Z7MFw798USyjIOKXD808BmARVmt6z56LN0mrjIleRyGXKOvPI0rjW59UrUCHBxUwpaLdEIXlONtQdQbzCishy0bi3NW0EiISjZftZP_4xznplnDSzkfhHxYK8Bch22mcXpiIs/s320/Ilustrasi%20bus.jpg' rel='image_src'/> <meta content='Nikmatnya Naik Bus Malang - Surabaya dan Sebaliknya' name='description'/> <meta content='https://www.makkellar.com/2023/09/ini-bedanya-naik-bus-patas-dan-ekonomi.html' property='og:url'/> <meta content='Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya' property='og:title'/> <meta content='Nikmatnya Naik Bus Malang - Surabaya dan Sebaliknya' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-w_n4gxetwbomDjUhF6aOunkq6RK7-Huk5NPnfPi4Ku4rpzp9Y1Bgp4Z7MFw798USyjIOKXD808BmARVmt6z56LN0mrjIleRyGXKOvPI0rjW59UrUCHBxUwpaLdEIXlONtQdQbzCishy0bi3NW0EiISjZftZP_4xznplnDSzkfhHxYK8Bch22mcXpiIs/w1200-h630-p-k-no-nu/Ilustrasi%20bus.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya


Naik bus Surabaya - Malang atau sebaliknya sangat mengasikkan dan punya kelebihan tersendiri di bandingkan naik mobil pribadi. Selain lebih ngirit dana dan pengeluaran juga lebih santai karena kita tinggal duduk dan sampai ke teminal tujuan. Satu hal lagi yaitu kita bisa menikmati indahnya pemandangan jejeran gunung sepanjang jalan tol yang dilewati. 

Pilihan armadanya juga beragam, mau menggunakan yang Patas atau disebut juga non ekonomi maupun kelas ekonomi. Soal kenyamanan, semua jenis dan kelas bus kebanyakan sudah menyediakan kenyamanan karena hampir semua bus sudah menggunakan pendingin udara atau AC ditambah lagi dengan fasilitas hiburan musik dan tayangan tv.  Tapi tentu saja ada beberapa perbedaan antara kelas ekonomi dan non ekonomi atau sering disebut Patas. Mari kita kenali beberapa perbedaannya.

Tentu saja yang paling mencolok perbedaan bus patas adalah soal harga. Bedanya adalah harga ongkos penumpang yang Patas adalah dua kali lipat dari tarif non Patas. Ketika artikel ini ditulis tarif ekonomi sebesar Rp. 20.000 sedangkan Patas bertarif Rp. 40.000. 

Tapi sebenarnya bukan hanya tarifnya yang berbeda namun dari segi tempat duduk, bus Patas memiliki skema 2 + 2 per baris bangku. Sementara untuk bus ekonomi kebanyakan skema kursinya 2 + 3 tempat duduk. Dan bila kebetulan sedang ramai penumpang terkadang harus ada yang rela berdiri. Tentu saja bus Patas dalam soal kursi menawarkan kenyamanan di mana kursinya lebih ekslusif. Walaupun demikian ada bus-bus ekonomi tertentu menyediakan kursi yang mewah dan penulis bahkan pernah naik bus dengan tarif ekonomi yang skema kursinya 2 + 2 kursi.

Namun demikian bagi para pengguna pertama kali bus Malang - Surabaya dan sebaliknya ada beberapa hal yang perlu diketahui bahwa ada beberapa jalur jalan yang bisa ditempuh yaitu jalur tol dan jalur non tol dan satu lagi yaitu jalur tol tidak penuh. 

Kalau kita memang punya tujuan dari arah Malang menuju ke Kota Surabaya langsung ke Terminal Bungurasih maka sebaiknya kita mengambil bus dengan melewati Tol Singosari atau biasa disebut LEWAT KARANGLO. Artinya bus akan melewati jalan tol tanpa berhenti hingga ke luar di exit tol Waru, Madaeng. Namun, kalau tujuan kita adalah kota-kota sepanjang jalan lama seperti Purwosari, atau Pandaan dan seterusnya, maka kita menggunakan bus yang mengambil jalur biasa.

Yang menarik adalah ketika kita dari arah Surabaya menuju Malang, kita harus jeli memilihnya. Kalau menggunakan bus Patas, maka tujuan kita memang Kota Malang karena bus akan melaju sepanjang tol dan kita akan keluar di exit tol Singosari, Karanglo. Namun bila pilihan naik bus ekonomi menuju Malang, maka pastikan bus yang kita pilih adalah bus dengan jalur yang langsung keluar exit tol Karanglo. Kalau tidak maka bisa saja kita salah memilih dengan melewati Pandaan, atau Purwosari. Dan bisa jadi perjalanan kita yang seharusnya ditempuh 1,5 jam Surabaya - Malang bisa ditempuh hingga 2 jam.
Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya Ini Bedanya Naik Bus Patas dan Ekonomi Malang - Surabaya Reviewed by Hati Kita on 16.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.