POSISI PEMASANGAN EGG TRAY DALAM PEMBUATAN KEDAP SUARA STUDIO

Selasa, 03 Desember 2019

POSISI PEMASANGAN EGG TRAY DALAM PEMBUATAN KEDAP SUARA STUDIO

Sebenarnya tujuan pemasangan egg tray untuk studio yang saya bangun adalah supaya suara bisa diredam dan tidak menimbulkan pantulan yang akhirnya akan menimbulkan gema. Jadi egg tray saya gunakan sebagai peredam suara atau peredam gema. Makanya bahan karton yang menjadi dasar egg tray saya rasa sudah cukup. Dalam pemasangan egg tray itu tentu bisa dilihat dulu jenis egg tray. Saya ingat waktu penjual egg tray bertanya kepada saya, kwalitas berapa (KW) yang dibutuhkan? Apakah kwalitas 1 yang bagus atau kwalitas 2 yang pinggirannya terkadang tidak rata. Sekali lagi dana terbatas membuat saya memilih kwalitas 2 saja. Coba perhatikan gambar egg tray berikut ini.
 GAMBAR 1
GAMBAR 2
Kalau kita memasang menyamping dengan bidang di mana pinggiran egg traynya itu posisinya lurus maka tentu tidak masalah ketika kita menempelkan di tembok seperti terlihat pada gambar 2. Bahkan itu akan menjadi hiasan di mana nantinya akan membentuk garis. Tapi pinggiran egg tray yang lain seperi terlihat gambar 2 itu ada bidang menjorok ke dalam yang bila dipadukan dengan lainnya akan membentuk lubang. 

Dua sambungan itu tentu harus diatasi supaya pertama tidak menjadi lobang dan kelihatan tembok di mana egg tray ditempel. Kedua dari segi tampilan akan kurang menarik. Nah, menyikapi hal ini berikut cara-cara yang bisa kita lakukan:
Pertama, untuk masalah pada gambar 1 itu dengan cara memotong egg tray seperti pada gambar 3 ini, tapi silahkan potong dengan rapi ya. Lalu potongan itu ditumpangkan hingga menutupi barisan itu. nantinya akan membentuk garis yang indah. Biasanya ketika ditutup dengan potongan ini akan terasa pas. Sementara lem yang dipakai sama yaitu lem berkuwalitas dengan kekentalan tinggi.
GAMBAR 3
Sekarang, untuk persoalan dengan GAMBAR 2 di mana kita bisa dengan cara, bekas potongan egg tray yang pasti akan banyak. Jadi semua potongan itu jangan dibuang, karena itu bisa berguna untuk menutupi bagian-bagian yang berlubang. Caranya, kita masukkan ke sebuah wadah dan dibasahi, lalu dilumat-lumat . Nah, lumatan egg tray itu kemudiaan kita tempelkan dengan menggunakan lem FOX supaya bisa membentuk dan menempel.


0 komentar:

Posting Komentar