Ampun Deh, Baru Beli Pulsa Rp.100.000 Kok Jadi Rp. 0

Senin, 10 Februari 2020

Ampun Deh, Baru Beli Pulsa Rp.100.000 Kok Jadi Rp. 0

                                                             Sumber Foto: Flickr.com
Pernahkah mengalami seperti yang saya rasakan empat tahun lalu di mana saya dalam perjalanan ke luar kota. Supaya saya tetap terhubung dengan orang lain maka tidak lupa meminta teman untuk mengisi pulsa sebesar Rp. 100.000. Karena perjalanan darat membutuhkan beberapa jam, maka karena bosan saya buka internet. Saya lupa kalau saya beluum mendaftar untuk penggunaan data. Dalam sekejab, pulsa seratus ribu itu raib.

Kejadian lainnya adik saya di kampung, minta dikirimi pulsa, lalu saya kirim dengan besaran Rp. 50.000. Itu terjadi pagi hari. Agak siang saya ingin nanya, apakah pulsa sudah masuk. Dia bilang sudah, tapi kok cepat habis, padahal belum dipakai sama sekali. Ternyata dia mengaktifkan penggunaan data dengan pemakaian pulsa. Menyakitkan. 

Siapa yang salah? Tidak ada yang salah. Yang salah karena belum tau ilmunya, kuncinya dan tidak mengerti antara pulsa dan data. Saya rasa banyak juga kejadian-kejadian serupa yang karena tidak tahu, ketika membeli pulsa, tapi dipergunakan untuk data. Pihak provider sebenarnya kalau menggunakan internet pakai pulsa diiingatkan,. Tapi terkadang keasyikan berselancar godaannya lebih besar. Atau juga kita sedang terjebak dengan update otomatis dari posel Android Anda. Dalam sekejab akan raib pulsa kita.

Mari sekarang kita mencoba mengerti hal sederhana ini supaya kita tidak sering kehilangan uang pulsa karena terpakai menjadi data internet. 

Kalau Anda memang kebutuhannya untuk menggunakan internet, maka belilah data, jangan pulsa. 

Tapi kalaupun Anda mau membeli data bisa juga menggunakan pulsa yang digunakan untuk data dengan mendaftar terlebih dahulu. Karena kalau tidak mendaftar, ya, pulsa Anda akan cepat habis, tidak perlu hitungan jam, hitungan menit bila kita mengakses situs-situs berat atau youtube. Jadi sesederhana itu. Masalahnya tidak sesederhana itu bila ita tidak tahu.

Supaya jelas, ketika tulisan ini dibuat, maka saya ingin HP saya pergunakan untuk internetan. Nah, karena saya menggunakan Telkomsel, saya tidak membeli data di konter, tapi saya membeli pulsa sebesar Rp. 100.000,-. Saya matikan dulu mode internet supaya tidak langsung makan pulsa.
  1. Kemudian saya mendaftar terlebih dahulu dengan mengetik *363* di Panggilan Telpon. Sampai muncul gambar seperti berikut
  2. Sekarang Anda ditawarkan untuk membeli paket data sebesar 17 GB Combo dan Telpon gratis ke sesama Telkomsel sebanyak 300 menit dan gratis SMS atau pesan pendek sebanyak 400 SMS dengan harga Rp. 80.000,-. Kalau penawaran ini Anda terima, tulis saja nomer 1. Beli. Tapi kalai dana Anda tidak mencukupi maka cari harga paket data lain dengan mengetik nomor 3. Paket Lainnya. Kalau pilihan Anda adalah nomor 1 maka akan segera muncul gambar berikut:
  3. Maka pilihlah nomor 1 artinya Anda akan bertransaksi dengan pembelian data ini. Oh ia data sebegitu besarnya itu menurut ukuran saya untuk jangka waktu selama 1 bulan. Cukup lama.  
  4.  Tunggulah sampai muncul pesan Selamat Anda bla bla bla.    

0 komentar:

Posting Komentar