Inilah Cara Mengendalikan Pemakaian Pulsa dan Data

Senin, 10 Februari 2020

Inilah Cara Mengendalikan Pemakaian Pulsa dan Data

                                                             Sumber Foto: Flickr.com
Dunia digital memang mengasyikkan bagi semua orang tanpa terkecuali. Dari anak-anak sampai orang dewasa begitu lihai memainkan game, membuka situs-situs internet, dan menonton Youtube dengan jutaan tema, variasi dan serta semua sisi kehidupan, kesenangan, bisa diperoleh melalui dunia internet. Tapi tentu saja semuanya membutuhkan sambungan internet. Kalau punya sambungan wifi tidak masalah. Atau kalau tidak nebeng di berbagai lokasi wifi yang tersedia. Persoalannya, belum semua tempat tersedia jaringan internet, apalagi wifi.

Kalau Anda mengajak anak-anak pulang kampung ke desa, apalagi anak-anak yang sudah terbiasa membuka semua akses internet ketika di rumahnya, atau setidaknya di kotanya maka kebanyakan mereka tidak betah lama-lama tinggal di desa. Alasannya beragam, leletnya sambungan internet yang menggunakan data di desanya, karena masih 3G. Kalaupun nyambung-nyambung sedikit terkadang 4G. Itupun muncul hilang, muncil hilang lagi. Sementara game yang dimainkan membutuhkan jaringan internet yang stabil. Akhirnya sang anak merengek untuk pulang.

Tapi kan kebutuhan hidup bukan hanya di sekitar data dan jaringan internet. Bagi sebagian keluarga, dana itu bukan melulu soal dunia maya. Ada dunia nyata yang membutuhkan perhatian dana juga. Beras masih harus dibeli, lauk pauk untuk dimasak di meja makan, listrik harus dibayar, air PDAM juga ada tagihan, uang sekolah harus tersedia, uang kuliah tidak boleh menunggak dan deretan kebutuhan lainnya. Ia kalau penghasilan, atau pemasukan berlebih, tidak mengapa, bagaimana kalau orang tua gajinya pas-pasan.

Salah satu cara adalah bagaimana mengendalikan penggunaan internet melalui data dari provider. Yang bisa dilakukan adalah selalu mengecek, sudah berapa giga terpakai. berlangganan biasanya ada harian, mingguan, dan bulanan. Kebanyakan adalah bulanan.

Karena selama ini saya juga pelanggan Indosat sejak tahun 2003 sampai sekarang maka yang saya contohkan adalah bagaimana saya mengatur data dan pulsa dari provider Indosat ini. Cara ampuh adalah menggunakan aplikasi Indosat yaitu myIM3. Silahkan Anda download aplikasinya dan atur semua pembelanjaan, peggunaan data dan pulsa Anda melalui aplikasi tersebut.

Dengan aplikasi tersebut Anda akan mengetahui berapa sisa pulsa Anda, kita juga bisa memilih paket data dengan dana berapa yang sesuai dengan kondisi keungan kita, kita bisa melihat untuk diputuskan. Intinya penggunaan aplikasi itu memberikan kita peluang untuk berpikir dulu dalam urusan data dan pulsa.




0 komentar:

Posting Komentar