Inginnya senang-senang Ternyata Mendapat Kepanikan di Diamond Princess

Sabtu, 22 Februari 2020

Inginnya senang-senang Ternyata Mendapat Kepanikan di Diamond Princess

Sumber Foto: Flickr.com

Bagi saudara-saudara kita yang berada di Indonesia Timur bisa jadi pernah memiliki pengalaman menggunakan kapal penumpang semacam Kapal PELNI, Sabuk Nusantara 72 dan semacamnya tentu menjadi agenda rutin ketika pulang kampung bila tidak menggunakan moda pesawat terbang. Pengalamannya berbeda-beda. Tapi ketika penulis pernah naik kapal penumpang dari sebuah pulau yang membutuhkan 12 jam perjalanan, ada kebosanan yang menguasai. Ketika kapal mulai meninggalkan pelabuhan mungkin belum terasa, tapi ketika melewati tengah laut yang hanya terdengar bunyi mesin kapal barulah kebosanan datang.

Bagaimana dengan mereka yang sedang berwisata dengan menggunakan kapal pesiar mewah Diamond Princess? Tentu walaupun sama-sama mengarungi lautan yang hanya air berwarna biru ternyata tidak menimbulkan kebosanan. Begitu kira-kira seperti yang dilaporkan oleh crew Detik Travel ketika mengikuti wisata laut melalui kapal bergengsi tersebut. Tentu laporan itu disampaikan atas pengalaman sebelum terjadinya kasus virus Corona Covid-19. Namanya kapal pesiar yang tujuannya memang untuk berwisata, dan ingin menikmati perjalanan laut yang menyenangkan. Jadi perjalanan ini walaupun perjalanan panjang bisa berhari-hari mengarungi lautan, tapi perjalanan itu tidak membosankan.

Sebenarnya naik kapal penumpang dan kapal mewah Diamond Princess itu sama-sama ingin mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan, hanya tempatnya saja berbeda. Kalau naik kapal penumpang setiap orang ingin mendapatkan kebahagiaan ketika sudah tiba, seperti pada liburan Hari Raya Idul Fitri, atau Hari Raya Natal di mana mereka berharap bisa berbahagia ketika bertemu keluarga. Naik kapal penumpang hanyalah perantara.

Namun berbeda dengan naik kapal Pesiar Diamond Princess di mana orang yang naik kapal tersebut ingin mendapatkan kesenangan di kapal tersebut. Jadi kapal Diamond Princess itu menjadi tujuan utamanya untuk mendapatkan kebahagiaan. Makanya tentu perjalanan tersebut diatur sedikian rupa supaya setiap orang yang naik kapal tersebut tidak bosan tetapi sebaliknya di kapal itu mereka mendapatkan kebahagiaan.

Makanya soal makanan mereka menyajikan makanan yang wah, lalu disediakan fasilitas-fasilitas yang luar biasa di kapal tersebut baik pada malam hari maupun ketika waktu matahari bersinar semuanya diatur dengan rapi dengan satu tujuan, setiap penumpang akan mendapat kegembiraan layaknya orang berwisata.

Kini, keganasan Virus Corona itu semakin menggila khususnya di luar Wuhan. Secara khusus ketika berita ini ditulis di Korea Selatan sudah mencapai 1000 kasus. Tapi kembali ke kapal mewah tadi di mana ketika Virus Corona Covid-19 itu menyebar di antara para penumpang kapal Diamond Princess dan mengamcam seluruh penumpang yang ada di atas kapal pesiar tersebut. Mereka semuanya berjumlah 3,700 penumpang termasuk awak kapal. Kebahagiaan yang ingin diraih itu menjadi kecemasan serta kepanikan. Jangan-jangan virus itu menular kepada diri orang-orang tersebut. Turut prihatin dan sedih atas kejadian tersebut.

Seperti diberitakan oleh banyak media, virus Corona telah menyebar kepada 621 orang penumpang Kapal Mewah Diamond Princess yang dinyatakan positif terserang virus tersebut dan 2 orang dinyatakan meninggal. Sementara ada 72 adalah WNI dan yang positif terinfeksi sebanyak empat orang yang merupakan Anak Buah Kapal ABK kapal tersebut. Kini pemerintah RI sedang mengusahakan untuk memulangkan seluruh penumpang WNI tersebut.

Baca Juga: Makanan Bergizi Tidak Sanggup Menangkal Virus Corona

0 komentar:

Posting Komentar