Bingung? Bikin Blog Atau Website? Tandai Perbedaannya

Senin, 24 Februari 2020

Bingung? Bikin Blog Atau Website? Tandai Perbedaannya


Sumber Foto: flickr.com

Saya tidak akan menjelaskan secara ilmiah mengenai dua sebutan yang sebenarnya mirip-mirip saja keberadannya. Kalau Anda membuka google, maka kedua hal tersebut sama-sama muncul dan terkadang malah lebih banyak blog jikalau informasi yang sedang dicari ketepaan lebih banyak artikel mengenai tema yang dicari tersebut. Akan menjadi kelihatan jelas bila blog yang muncul itu punya buntut. Contohnya ideabuku.blogspot.com, Tentu dari buntutnya yaitu blogspot jelas bahwa yang muncul adalah blog. Atau http://sungguhgratis.wordpress.com maka buntutnya itu menunjukkan bahwa itu merupakan blog.

Tapi adakalanya blog itu justru menggunakan langsung nama langsung tanpa buntut. Contohnya idebuku.com. Sebenarnya itu adalah blog tapi rupanya pemilik blog sudah membelikan domain com. Kelebihan blogspot.com itu kita tidak perlu membeli hosting untuk tempat di mana kita membuat blog, tidak seperti umpamanya wordpress. Jadi banyak juga blog yang berakhiran com, net, org, info yang isinya sebenarnya blog.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Blogspot dan Menjadi Com

Cara Mengatasi Eror Ketika Menghubungkan Blogspot ke Com

Kalau begitu bagaimana kita membedakannya? Ok dari segi arti saja dulu. Blog sebenarnya kependekan dari web log. Sementara website sejumlah laman online yang terhubung dalam satu domain. Sebenarnya kedua jenis tersebut dari segi halaman, sama saja, Akan menjadi berbeda ketika kita menelaah konten antara di blog dan di website. Kalau di blog akan terlihat seperti sebuah halaman di mana isinya sesuatu yang bisa dinikmati dengan santai. Suasana santai itu juga akan terasa ketika melihat dari segi bahasa. Kalau ada bahasa seperti, gue, gue, lo, lo, ane, ente di mana bahasa yang tertulis itu kayak bahasa sehari-hari yang istilahnya tidak formal.

Berbeda dengan website. Coba Anda membuka website www.pertamina.com maka bahasanya semuanya bahasa sopan, bahasa yang formal dan tentu informatif. Memang kalau soal informatif, baik blog maupun website sama-sama informatif tapi tentu saja penyampaiannya jelas bisa menunjukkan kepada kita bedanya dengan blog.

Seperti yang pernah disinggung dalam halaman lain mengenai blog di mana blog tidak butuh tim keberadaannya untuk bisa eksis, tapi kalau website tentu biasanya akan dikerjakan oleh tim. Karena informasi yang disampaikan itu membutuhkan ketelitian dan benar-benar terhitung. Kalau blog, sorangan wae sudah bisa tampil. Oh ya, tidak lupa, kalau blog dasarnya adalah gratis. Anda tinggal menggunakan saja, dan tinggal mencari ketrampilan untuk memolesnya. Kecuali Anda mau menggunakan blog dengan menggunakan sewa hosting dan domain, itu lain cerita. Kalau tidak, Anda hanya ingin menggunakan dengan buntut blogspot, atau wordress Anda tidak perlu ditarik bayaran. Kalau website, ya tentu harus menyewa hosting dan membeli domain.

0 komentar:

Posting Komentar