Cara Membuat Blog dengan Blogspot Bagi Orang Awam

Rabu, 19 Februari 2020

Cara Membuat Blog dengan Blogspot Bagi Orang Awam


Tahukah Anda bahwa di jaman yang serba terbuka ini siapapun punya peluang untuk bisa mengutarakan apapun yang ada di dalam benak kita. Bisa dengan menguatarakan lewat pesan pendek atau SMS, Whatsapp, facebook, IG dan deretan media sosial lainnya yang bisa kita lakukan. Tentu saja setiap apa yang kita ungkapkan harus juga diukur dengan aturan mana yang boleh dan yang tidak boleh kita ungkapkan.

Nah, salah satu media yang sangat memberi peluang bagi kita untuk bisa mengungkapkan apapun di media yaitu dengan blog. Secara khusus bagi kita yang punya kelebihan menulis dengan tema apapun maka salah satu media yang bisa dijadikan tempat untuk "curhat" yang lebih bebas adalah blog. 

Banyak orang yang memandang sebelah mata jika menggunakan blog di media sosial, karena dianggap selain gratisan tapi juga kurang popular di banding kalau kita mau menulis di Facebook atau media-media lain. Tapi tahukah Anda bahwa banyak orang-orang terkenal yang menggunakan blog sebagai cara untuk beraktualisasi diri. Bahkan mereka bisa hidup dengan berkelimpahan secara ekonomi hanya dengan mengandalkan blog. 

Padahal blog adalah wadah di mana kita bisa mengungkapkan apa yang menjadi milik Anda. Kalau Anda pandai menulis, bisa membuat buku. Tapi bila menulis sebuah buku membutuhkan waktu khusus, maka blog adalah tempat yang baik untuk mengutarakan pendapat, usulan, kritik, saran dan bahkan uneg-uneg. 

Kalau Anda pandai dalam satu bidang tertentu, dan ingin Anda memperkaya orang lain supaya orang lainpun mendapatkan manfaat dari apa yang Anda punya, maka blog bisa menjadi cara Anda memperkaya orang lain tersebut. Atau sebaliknya Anda bisa belajar banyak hal dari blog-blog yang ada di dunia maya dengan beragam konten dan tema. 

Berita baiknya adalah blog bisa menjadi ladang Anda mendapatkan penghasilan. Ada tiga cara Anda bisa menghasilkan penghasilan tersebut, yaitu Anda menjadikan blog sebagai ajang promosi produk-produk yang Anda miliki, atau Anda bisa menjadi reseller, atau menjualkan produk orang. Yang kedua adalah menggunakan blog untuk memasang iklan google atau bergabung dengan adsense google. Ketiga Anda bisa melakukan ulasan yang dipesan oleh perusahaan-perusahaan ternama untuk mempromosikan produk mereka.

Tapi, bagaimana dengan saya yang awam dan tidak mengerti hal-hal yang bersifat pengetahuan dalam membuat blog? Blog inilah yang akan mencoba untuk menjelaskan. Penulis tidak punya latar belakang apapun yang berhubungan dengan blog apalagi website, sekolahpun juga tidak pernah berurusan dengan dunia blog apalagi website. 

Penulis hanya mencoba dan mencoba untuk mengutak-utik blog. Artinya penulis adalah orang awam yang membuat blog. Istilahnya dari nol putul sampai bisa membuat blog. Maka, ketika saya membuat lagkah-langkah membuat blog, saya akan menjelaskan secara awam. Makanya apabila ada blogger yang sudah menjulang, tentu tidak cocok tulisan ini untuk Anda. Tapi bila Anda adalah nol soal membuat blog, maka artikel inilah yang ingin saya jelaskan. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar