Ketahui, Masihkah Media Blog Tetap Eksis?

Kamis, 20 Februari 2020

Ketahui, Masihkah Media Blog Tetap Eksis?


Tahun 2011 merupakan puncak di mana para blogger mendapatkan momentumnya untuk bisa eksis di dunia maya melalui blog yang dimulai tahun 2007. Apalagi saat itu Menteri Komunikasi dan Informatika  Menkominfo yang dijabat oleh Mohammad Nuh mecanangkan tanggal 18 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Sontak sekitar 500 blogger bersorak kegirangan. Kemudian kegiatan pesta para blogger itu dikenal dengan nama OnIOff. Namun menarikya dua tahun kemudian Portal Berita Detik menutup tulisannya yang mengucapkan Selamat Hari Blogger Nasional dengan mengatakan kalau kegiatan tersebut mati suri dan tak terdengar gaungnya lagi. Di tahun 2011 itu juga baik menjadi catatan tepatnya bulan Mei dideklarasikan ASEAN Blogger Community dengan tujuan untuk menjadi wadah bagi blogger di ASEAN.

Pertanyaan menarik adalah, benarkah blog masih bisa eksis menghadapi kekuatan dominasi Whatsapp, Facebook, InstaGram, Twitter, dan Youtube serta media-media sosial lainnya yang benar-benar menguasai jagat maya itu? Dibilang mati tidak juga, karena buktinya masih banyak bermunculan blog-blog di dunia maya. Hanya saja harus diakui bahwa ngeblog seperti kehilangan banyak peminat. Padahal ngeblok memiliki kelebihan sendiri ketimbang media-media lainnya.

Memang blog semacam menjadi batu uji bagi pemiliknya untuk tetap konsisten menekuni dunia blogger. Bisanya pagi para penulis dan yang interes dengan menulis, akan betah untuk menjadikan blog sebagai media di mana ia berkiprah. Karena blog menjadi tempat yang lebih hening dan serius tapi tetap terbuka bagi siapapun.

Sihir media-media sosial lain yang memang pergerakannya cepat bagi penggunanya, di mana ketika seseorang menulis di Facebook misalnya maka akan langsung direspon oleh pengikutnya secara langsung. Tapi blog, bila ada orang yang tertarik untuk merespon, biasanya masuk dulu ke email dan terkadang email belum langsung dibuka untuk dilihat. Makanya aplikasi Whatsapp atau IG atau Twitter dan Facebook bisa dipastikan akan tersimpan di ponsel-ponsel banyak orang. Tapi coba, tanyakan aplikasi wordpress, blogspot dan semacamnya orang enggan untuk mendownload.

Padahal blog seperti media-media sosial lainnya memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh media soal lainnya. Atau bagaimana pendapat pengunjung blog ini?

Baca Juga:

4 Cara Blog Anda Menghasilkan Duit

Begitu Mudahnya Bagi Awam Membuat Blog

Blogger Biasanya Ahli dalam Banyak Bidang

Punya Usaha, Kenapa Tidak Promosi Gratis Lewat Blog. Ini Kelebihannya.

0 komentar:

Posting Komentar