Tips dan Trik Menghubungkan Blogspot Kita dengan Domain

Kamis, 12 Desember 2019

Tips dan Trik Menghubungkan Blogspot Kita dengan Domain

Sebenarnya dalam daftar belanja pembelian domain di sebuah Penyedia Layanan Hosting dan Domain langganan saya sudah terdaftar ada enam domain yang sudah saya beli untuk kebutuhan blogspot saya. Baik blogspot pribadi seperti blog ini www.makkellar.com atau blog www.idebuku.com atau blogspot yang saya buatkan untuk beberapa komunitas yang saya ikuti.

Tapi, selalu saya menghadapi kendala ketika melakukan pengelolan menghubungkan blog menjadi akhiran com. Entah karena jarang-jarang saya melakukannya sehingga selalu lupa. Supaya menjadi catatan bagi saya pribadi maka sengaja saya tulis di blog ini. Jadi ini merupakan tips dan trik menghubungkan blogspot dengan domain berakhiran com, atau net, atau org, dan seterusnya. Inilah langkah-langkah menghubungkan blogspot dengan domain.

  1.  Silahkan Anda membeli domain di Penyedia Layanan Domain Hosting yang menurut Anda sangat Terpercaya dan bahkan nantinya bisa menjadi langganan Anda kalau cocok. Kalau saya punya ini di DI SINI. Anda bisa mencari Layanan Penyedia Domain dan Hosting. Tapi karena Anda tidak perlu membeli hosting maka Anda tinggal membeli domain saja. Banyak dijual Domain dan Hosting Murah, dan lebih baik Anda membeli dari pada gratisan. 
  2.  Cara membelinya, setelah Anda ke website Layanan Penjual Domain Hosting biasanya di sana ada kolom untuk mencari domain. Silahkan Anda ketik nama domain yang Anda inginkan, contohnya, kitamenang. dan tentukan akhiran apa yang diinginkan, apakah com, net, org, space, site, website. Akan muncul ketersediaan kata yang Anda cari. Kalau ada langsung saja melakukan transaksi yang biasanya Anda harus mendaftar dulu di Penyedia Layanan Domain tersebut.
  3. Setrelah selesai transaksi, sekarang kita siap-siap menghubungkan domain yang kita beli itu dengan blogspot.
  4. Sekarang langsung login ke account blogspot kita. Tapi kalau Anda sedang membuka email gmail Anda langsung saja ketik blogger.com maka Anda akan dibawa ke account blogspot Anda.
  5. Silahkan Anda klik di Setelan dengan tampilan seperti ini:
  6. Untuk menghubungkan blogspot kita maka langsung klik SIAPKAN URL PIHAK KETIGA UNTUK BLOG ANDA, maksudnya kita akan memakai domain yang akan kita beli itu sampai muncul
  7. Di sinilah saya sering kebolak balik yang mana harus dicopy dan ditempatkan di sebelah mana. Silahkan tetap terbuka sementara kita akan membuka Penyedia Layanan Domain yang sudah kita beli itu untuk menyambungkan blog kita itu. Silahkan langsung menuju PENGATURAN DOMAIN lalu klik CUSTOM MANAGEMENT dan klik COSTUM BLOGSPOT.hingga muncul
  8. Sekarang silahkan Anda copy dan paste dengan urutan yang di bawah www itu kode unik itu ke kolom pertama sedangkan di bawah ghs.google itu di kolom ke dua. Lalu SAVE. Tapi jangan lupa untuk UPDATE yang biasanya ada di NAME SERVER.
  9. Kita menuju ke account blogspot kita lagi ke Pengaturan di BAGIAN 6 itu lalu SAVE dengan jangan lupa untuk centang. SELESAI.

0 komentar:

Posting Komentar