Awas, Hati-hati Penipuan dengan Menyalahgunakan Blog Gratis

Jumat, 21 Februari 2020

Awas, Hati-hati Penipuan dengan Menyalahgunakan Blog Gratis

Sumber Foto: Flickr.com
Terus terang saya tidak akan capek untuk terus mengungkapkan cara-cara penipuan yang dilakukan oleh sebagian orang dengan cara menggunakan blog yang notabene gratis. Penipuan itu datang melalui pesan pendek atau SMS (Short Message Service) ke ponsel saya.

Sebenarnya cukup sering saya menerima pesan yang tidak jelas semacam ini. Pertayaan saya, apakah nomor saya ini mudah didapat atau memang pelakunya adalah dengan cara acak. Mari kita lihat satu per satu bagaimana peipuan ini beraksi.
Pesan pertama adalah saya akan mendapatkan cek sebesar 100 juta rupiah dari undian Mkios, lengkap dengan kode PIN dan info lengkapnya. Wow, besar amar. Ini pesannya:
Mari kita teliti dulu supaya saya tidak merasa senang dengan janji penipu ini. Saya sebenarnya sudah tahu bahwa ini adalah bentuk penipuan. Mudah saja melihatnya, yaitu ini adalah nomor biasa dari si pengirim. Jadi, kalau seumpamanya itu dari Mkios, maka akan muncul si pengirim MKIOS.

Sekarang mari kita ikuti cara jejak model penipuan ini. Rupanya model penipuan ini tidak mau mengeluarkan biaya sama sekali. Makanya dia menggunakan web blog dan menggunakan blogspot.com. Jadi dia menggunakan blog gratis. Ini salah satu perusak nama blogger yang suka menggunakan blog untuk penipuan.

Sekarang mari kita buka model blognya yang beralamat https://undianmkios-2020.blogspot.com/. Supaya setiap orang tidak tertipu dengan penampilan blog ini, maka bisa dipastikan adalah pennipuan. Jangan membuang-buang waktu untuk mencocokkan PIN yang dikirim ke Anda. Karena itu hanyalah penipuan belaka.

Anehnya sebelum pesan tersebut datang saya juga mendapat kiriman tapi dari nomor berbeda dengan pesan SMS seperti ini:

Dan ketika saya buka link yang dikirim ke saya yaitu https://hadiahindosat77.blogspot.com. Awas, Anda jangan tertipu dengan web blog yang dibuat gratis ini. Walaupun tampilannya benar-benar gratisan, tapi saran saya, kalau Anda mendapat pesan seperti ini juga, kalau bisa langsung dihapus saja dari ponsel Anda. Jangan pernah ditanggapi.

Baca Juga:

Ingin Punya Blog atau Website? Ini Perbedaannya

Punya Usaha? Kenapa Tidak Promosi Gratis dengan Blog?

Seorang Blogger Biasanya Ahli dalam Banyak Bidang

4 Hal Ini Membuat Blog Ini Sangat Berguna

Cara Membuat Blog bagi Orang Awam Seperti Saya

Masihkah Blog Tetap Eksis Keberadaannya?

0 komentar:

Posting Komentar