Ketimbang Meminjam ke Rentenir Datang Saja ke CU Sawiran

Rabu, 12 Februari 2020

Ketimbang Meminjam ke Rentenir Datang Saja ke CU Sawiran

Sumber Foto: flickr.com

Beberapa orang duduk di kursi sambil membaca koran Harian Jawa Timur di ruang yang menyerupai ruang tamu untuk menunggu giliran dipanggil. Sementara yang lain mengobrol dengan pelan supaya tidak menjadi perhatian yang lain karena ruangan itu tidak terlalu besar. Mereka sedang mengantri untuk keperluan yang berhubungan dengan simpan pinjam di CU Sawiran cabang Blimbing, Malang, Jawa Timur. Tampilannya seperti kantor bank pada umumnya, namun jauh dari suasana formal.

Memang berbeda dengan suasana di bank konfensional yang ada satpam yang ramah dan orang-orang dengan seragam formal, di CU Sawiran kita akan masuk dengan senyuman dari para petugas di belakang meja dan orang-orang yang mengantri untuk menunggu dilayani. Keperluan mereka yang datang beragam. Ada yang ingin mencari informasi mengenai CU Sawiran, atau menyetor dan ingin mengajukan pinjaman.

Penulis sendiri sudah menjadi anggota sejak tahun 2007 silam. Dan menariknya adalah CU Sawiran seperti ingin menjawab setiap kesulitan yang sedang dihadapi khususnya dalam masalah keuangan. Sebenarnya beberapa kali penulis mengajukan pinjaman, seperti ketika akan merenovasi rumah, CU Sawiran menolong dengan memberikan pinjaman. Sebenarnya penulis sendiri memiliki beberapa account seperti dua account Si Pintar (salah satu bentuk menabung untuk anak yang masih sekolah dengan bunga yang cukup tinggi), tapi belum jatuh tempo. Maka sebagai jaminan adalah dua buku account Si Pintar. Atau ketika penulis ingin membeli sepeda motor, maka jaminan Si Pintar penulis yang dipergunakan. Tapi memang benar bahwa CU Sawiran tidak pernah membuat rugi setiap anggotanya. Mengapa? Karena akhirnya kita akan mendapat keuntungan juga dengan dikembalikan kepada anggota.

Untuk semua informasi mengenai CU Sawiran, Anda dapat mengakses website mereka di CU Sawiran. Semua informasi lengkap dapat diakses melalui website tersebut.

Tapi menarik sekali sebenarnya kalau menilik sejarah berdirinya CU Sawiran sendiri di mana Credit Union ini didirikan karena keprihatinan terhadap masyarakat yang diawali dari masyarakat sekitar Dusun Sawiran, Kelurahan Dawuhsengon, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Banyak masyarakat yang yang kesulitan mencari modal kerja murah, dan mudah sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan taraf hidup. Dan dalam kenyataan banyaknya rentenir yang tentu dengan bunga yang sangat tinggi (kebanyakan bunganya antara 22-25%). Itulah yang menimbulkan gagasan pendirinya yaitu Rm. Willy Malim Batuah untuk mendirikan credit union. Makanya tahun 1989 didirikanlah CU Sawiran di Dusun Sawiran tersebut.

Dengan Visi ingin menjadi lembaga keuangan yang berkualitas dan profesional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengedepankan pemberdayaanperekonomian rakyat.




0 komentar:

Posting Komentar