Ngeblog, Masihkah Diminati?

Selasa, 26 Januari 2021

Ngeblog, Masihkah Diminati?


Membuat blog atau webblog dan mengisinya dengan konten, saat ini seperti sepi-sepi saja dan ibaratnya tanpa ada gaung. Berbeda pada sepuluh tahun lalu di mana blog begitu riuhnya dan bahkan sangat diminati oleh banyak orang. Kini banyak orang yang masih konsisten dengan menulis di blog serta menekuninya masihkah bisa dijumpai. 

Tentu hal ini sebagai imbas dari munculnya berbagai media sosial yang mana orang sudah tidak terlalu pusing dengan membuat blog yang dianggap 'ribet'. Dulu orang bisa curhat dalam bentuk tulisan panjang melalui blog yang dibangunnya. Kini orang tinggal menulis di aplikasi-aplikasi media sosial semacam facebook, twitter, dan bahkan whatsapp dan semacamnya tanpa perlu keribetan membuat rumah sendiri untuk menyampaikan uneg-unegnya.

Karena ternyata blog itu memang membutuhkan keseriusan sejak awal oleh pembuatnya. Terlepas bila di kemudian hari ternyata tidak diteruskan karena berbagai alasan. Tapi setidaknya, ketika seseorang membuat sebuah blog maka ia ingin membuat rumah sendiri, bukan meminjam rumah orang lain atau pihak lain untuk berekpresi. 

Saya bilang bahwa butuh keseriusan untuk membuat blog karena ketika blog dibuat, seseorang harus berpikir keras untuk mengatur blog, menentukan nama layaknya sebuah website, mengatur template, belum lagi bila kita orangnya suka tidak puas dengan hasil tampilan blog dan setrusnya dan seterusnya. Tidak berhenti di situ, selain memikirkan 'rumah'nya blog kita, juga bagaimana memikirkan konten, tulisan dan seterusnya. Selesai? Belum, karena juga pemilik blog harus berpikir bagaimana mempromosikan blog supaya tidak hilang begitu saja ditimpa oleh website dan blog-blog lainnya. Terasa ribet kan?

Tidak juga sebenarnya apabila kita memiliki hati untuk membangun sebuah blog, yang ibaratnya tempat kita berkreasi, menuangkan pikiran, menambah pengetahuan mengenai SEO, menambah teman yang sejalan sesuai dengan interes yang sama. 

Hanya saja, dari segi kepuasan, tentu saja kita lebih merasa puas apabila memiliki sebuah blog, yang apalagi kita melakukan banyak hal dengan blog kita itu seperti yang sudah saya sebutkan di atas. 

Kembali kepada judul postingan ini. Kalau membangun sebuah blog yang memiliki tahapan-tahapan yang sudah disebutkan tadi, masihkah blog itu diminati? Mungkin hanya orang--orang yang ingin serius memiliki 'rumah' sendiri di mana di tempat itu kita bebas melakukan apa saja sesuai dengan keinginan kita.

0 komentar:

Posting Komentar