2 Cara Melapangkan Kapasitas Gmail yang Penuh


Tiba-tiba muncul peringatan kalau kapasitas gmail hampir penuh. Akibatnya bisa menimbulkan keterlambatan baik dalam mengirim email maupun menerima. Lakukan 2 hal ini untuk mengatasinya. Kosongkan email atau membeli kapasitas tambahan.

Sebenarnya pihak gmail memberikan kita kapasitas yang cukup besar yaitu 15GB selama penggunaan. Namun terkadang karena pemakaian email yang sangat aktif dengan berbagai beban yang berat, baik waktu pengiriman maupun penerimaan dari pihak lain sehingga kapasitas 15GB itu akhirnya penuh.

Sebenarnya apa saja yang membuat storage email kita cepat penuh? Mari perhatikan data penggunaan email yang sering membuat kapasitas kita mau habis atau penuh.

Rupanya 15GB itu diperuntukkan untuk kepentingan beberapa hal yaitu Google Drive, Gmail sendiri dan Google Photo. Dalam kasus di atas Google Drive memakan habis hanya 0,23GB sementara Gmail, hanya 1,7GB tapi Google Photo rupanya yang banyak memakan tempat yaitu mencapai 12,51GB. 

Dari penjelasan di atas jelas bahwa penyimpanan foto rupanya cukup besar, dan ini sering yang tidak didasari oleh para pengguna. Tapi jangan salah dulu, storage yang kepenuhan di atas sebenarnya sudah terkumpul semenjak email gmail dibuat yaitu sekitar tahun 2009 lalu. Artinya foto-foto tersebut yang berasal dari berbagai tempat menumpuk di Google Foto.

Bagaimana caranya supaya kita dengan bebas kembali menggunakan email tanpa hambatan baik itu mengirim atau menerima? Caranya
  1. Menghapus berbagai foto yang ada. Foto-foto itu biasanya terkumpul dan membuat kapasitas penuh. Walaupun tindakan menghapus ini sayang dilakukan karena biasanya foto-foto lama kita itu adalah foto-foto sejarah yang mengingatkan masa-masa lalu yang penuh dengan kenangan. Penulis sendiri merasa sayang bila menghapus beberapa foto yang ada, walaupun tindakan ini akan menghilangkan jejak-jejak hidup kita. Tapi ada cara lain adalah meluangkan waktu untuk memilih foto-foto yang tidak menarik atau file-file foto yang bukan gambar, tapi data. Contohnya, menghapus foto bukti pembayaran bank yang biasa dilakukan. Atau juga foto-foto yang mungkin miring posisinya sehingga patut dideleat. Biasanya pihak google dengan bagus menyusun per bulan atau per tahun foto-foto yang telah mengambil banyak tempat di storage email google kita.
  2. Cara kedua adalah dengan membeli storage yang ketika artikel ini ditulis berharga Rp. 26.900 menjadi hanya Rp. 6.725 atau Rp. 269.000 per tahun. 
Semoga ini menolong

2 Cara Melapangkan Kapasitas Gmail yang Penuh 2 Cara Melapangkan Kapasitas Gmail yang Penuh Reviewed by Hati Kita on 10.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.