Hati-hati Iming-iming Poin Melalui SMS


Berbagai iming-iming poin yang bisa ditukar dengan pulsa dikirim melalui SMS. Bukan hanya sekali dua kali tapi berkali-kali dikirim dari nomor berbeda. Pernah menanggapi ternyata memang diarahkan ke sebuah chat pertemanan. 

Karena dikirim dari nomor pribadi maka semakin bingung dibuatnya karena ternyata bukan hanya 1 atau 2 nomor saja yang mengirimkan tapi sudah beberapa nomor pengirim yang modusnya sama yaitu iming-iming coin dan pulsa. Penggiringan SMS ini ke beberapa kode nomor yang berbeda yaitu:

  1.  *101# dan tekan 1, 
  2. *500*77#
  3. *858*22#
  4. *101*11#
  5. *858*44#
Persoalannya penawaran yang disampaikan adalah berbentuk pancingan bagaimana seseorang supaya bertindak untuk membukanya. Caranya adalah dengan memberi iming-iming pulsa dari poin yang entah poinnya siapa yang dimaksud. Menjengkelkan? Jelas menjengkelkan. Ini bentuk SMS jebakan.

Penulis sengaja mengumpulkan beberapa SMS yang masuk ke dua nomor dalam beberapa waktu saja. Kita akan mencoba untuk mencari tahu nomor-nomor apakah gerangan yang perlu diketahui oleh siapapun yang kebetulan menerima SMS serupa. Supaya ketika menerima bila belum mengerti betul link akan diarahkan ke mana kita mengerti dahulu. Sehingga kita bisa memutuskan, apakah akan terus atau langsung di deleat saja SMS tersebut.

Pengalaman penulis, awalnya merasa senang mendapat poin dan bisa dibuat pulsa. Tapi ketika dicoba maka bukan sesuai dengan yang dimaksud. Celakanya SMS serupa dengan penawaran 'surga' tapi itu merupakan penawaran yang belum jelas. Memang, pengirimnya adalah nomor pribadi, tapi mungkinkah 'pribadi-pribadi' tersebut capek-capek berkirim SMS hanya supaya kita mengikuti sebuah aplikasi atau apapun.

Mari kita cari tahu nomor-nomor tersebut.
  1.  *101# dan tekan 1,  Dalam penjelasan dari Telkomsel menjawab penggunanya di twetter mengenai *101# merupakan dial untuk layanan Sweetchat. Gratis? tunggu dulu. Penjelasannya begini, Tarifnya Rp2.200/SMS, 1 SMS/3 hari selama 90 hari.
  2. *500*77# Rupanya nomor kode ini berhubungan dengan menu game berhadiah. Penjelasannya seperti yang disampaikan oleh Telkomsel di halaman facebook. Tujuannya adalah jelas supaya kita melakukan download di dial tersebut.
  3. *858*22# Admin masih mencari tahu layanan yang satu ini. Tapi tentu ini merupakan layanan Indosat bila dilihat dari *858* untuk pengiriman pulsa sesama Indosat. Hanya saja di internet banyak orang cukup kecewa dengan berbagai pemberitahuan dari nomor pribadi tersebut.
  4. *101*11# nomor layanan ini juga berhubungan dengan Sweechat milik Telkomsel
  5. *858*44# untuk nomor yang satu ini mungkin ada baiknya membaca artikel Tempo ini supaya kita berhati-hati dalam menanggapi setiap SMS yang asing.
Hati-hati Iming-iming Poin Melalui SMS Hati-hati Iming-iming Poin Melalui SMS Reviewed by Hati Kita on 11.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.