Pernah Nyoba Beli Minuman di Vending Machine? - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Pernah Nyoba Beli Minuman di Vending Machine?


Mesin jual otomatis khususnya minuman biasaya ada di bandara, atau stasiun dan di beberapa tempat keramaian. Namanya Vending Machine. Tapi tentu saja ada aturan yang ditetapkan. Kalau tidak sesuai dengan aturannya maka transaksi Anda akan ditolak mentah-mentah.

Di banyak negara mesin jual otomatis ini bukan hanya menyediakan makanan dan minuman, bahkan barang-barang lain juga tersedia bagi mereka yang membutuhkan. Seperti rokok, payung, CD film, tiket, kondom, ipod, ponsel, sayur-sayuran, koran, bunga sampai kepada vibrator.

Vending Machine atau mesin jual otomatis di Indonesia memang biasanya produk-produk tertentu saja yang disediakan. Untuk melakukan transaksi adalah dengan memasukkan uang dengan jumlah yang sesuai harga yang kita inginkan maka bila berhasil akan otomatis keluar barangnya, entah makanan atau minuman. Aturannya biasanya sudah ditentukan. Misalnya kalau sebuah minuman Rp. 10.000 maka kita bisa memasukkan uang sejumlah harga tersebut.

Lalu bagaimana kalau jumlahnya tidak bulat, seperti Rp. 7000 maka yang bisa kita lakukan adalah memasukkan lembaran uang Rp. 5000 ditambah dengan Rp. 2000. Caranya sangat mudah, yaitu kita tentukan terlebih dahulu minuman yang kita inginkan. Biasanya minuman atau makanan tersebut sudah dilabeli dengan harga. Bila kita sudah menentukan barang yang dimaksud, maka siapkan uang cash dengan jumlah sesuai yang dimaksud.

Masukkan di bagian lubang pemasukan uang yang telah disediakan. Jangan lupa bila menggunakan uang kertas, sebaiknya dibuat rapi terlebih dahulu. Tujuannya supaya mudah dimasukkan, tapi juga bila uang kertas yang kita miliki terlalu kusut dan kumal, maka biasanya akan segera dimuntahkan kembali atau ditolak.

Apabila uang yang kita masukkan itu diterima, maka akan ada tanda yang biasanya ditandai dengan lampu yang menyala. Bila uang kita sudah diterima, maka sekarang kita langsung memencet tombol dari minuman atau makanan yang kita maksud tersebut. Dan secara kilat barang makanan atau minuman tersebut akan segera jatuh, dan kita tinggal mengambilnya.

Sejarah Mesin Jual Otomatis atau yang disebut Vending Machine tersebut cukup panjang. Dalam halaman wikipedia mengenai mesin jual otomatis ini disebutkan bahwa alat ini berasal dari Alexandria yang ditemukan abad pertama oleh seorang insinyur matematika bernama Heron. Kemudian pada tahun 1880-an kemudian diciptakan mesin jual otomatis secara moderen diperkenalkan di London, Inggris dengan barang jualnya adalah kartu pos. Rupanya perkembangan selanjutnya mesin serupa berkembang di Amerika Serikat tahun 1888 untuk pertama kalinya dikembangkan oleh perusahaan Gum Thomas Adams dengan penjualan permen karet di Kota New York.

Rupanya dalam perkembangan selanjutnya mesin jual otomatis tersebut dikembangkan oleh banyak pihak yang tentu dengan perkembangan jaman diciptakan berbagai kreasi baru di mana alatnya semakin canggih. Misalnya saja tahun 1970 diciptakanlah mesin jual otomatis di Dallas, Texas yang bisa berbicara yang disebut dengan velda talker. Mesin jual otomatis tersebut bisa mengucapkan suara terima kasih kepada setiap orang yang bertransaksi di mesin tersebut.

Pernah Nyoba Beli Minuman di Vending Machine? Pernah Nyoba Beli Minuman di Vending Machine? Reviewed by Hati Kita on 20.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.