Tawaran Gratis Ongkir? Kenali Dulu Syarat-syaratnya

Senin, 29 Juni 2020

Tawaran Gratis Ongkir? Kenali Dulu Syarat-syaratnya


Promosi penawaran gratis ongkos kirim (ongkir) tentu menjadi daya tarik tersendiri karena hitung-hitung kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan ongkir dan hanya membayar harga barang saja. Toko-toko online besar yang sudah ternama pasti akan berusaha untuk menyediakan layanan ongkir gratis ini untuk menarik minat pembeli melalui toko onlinenya.  Mereka berlomba-lomba menyediakan ongkir gratis ini. Tentu saja yang diuntungkan adalah pembeli. Kalau selama ini pembeli yang melakukan transaksi melalui toko online harus dibebani dengan ongkos kirim, maka penawaran ongkir gratis itu seperti malaekat penolong memotong tambahan dana pengiriman.

Tapi tentu saja, ongkir gratis itu berita besarnya dan berita baiknya, tapi bukan berarti pihak toko online mau rugi dengan menanggung biaya ongkir, atau ada jasa pengiriman yang melakukan promosi dengan menawarkan penghantaran barang secara gratis. Karena merekapun punya beban biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan dalam melakukan bisnisnya. Tentu saja bukan domain saya untuk menjelaskan skema yang dipakai oleh mereka dengan promosi ongkir gratis itu. 

Tapi yang ingin saya jelaskan adalah penawaran ongkir gratis itu memiliki syarat-syarat tertentu hingga diketemukan apa yang disebut dengan ongkos kirim gratis tersebut. Makanya saya menulis berdasarkan orang yang membeli barang melalui online dengan menggunakan ongkir gratis. Syukur-syukur kalau ada yang bisa menjelaskan detail di kolom komentar mengenai ongkir gratis oleh jasa pengiriman yang bekerjasama dengan toko online.

Ongkos kirim gratis tentu saja tidak berdiri sendiri di mana setiap pembeli di sebuah toko online akan secara otomatis akan mendapatkan layanan ongkos kirim gratis. Makanya jangan kecewa kalau awalnya kita tertarik dengan ongkir gratis, tapi ketika melakukan transaksi ternyata kita tetap kena biaya pengiriman. Makanya ongkos kirim gratis biasanya berhubungan dengan beberapa hal berikut ini:
  1. Mereka memberi syarat minimal pembelian. Maksudnya, ada toko online (kebanyakan) memberlakukan, kalau Anda ingin menggunakan ongkos kirim gratis tapi barang yang Anda beli hanya Rp. 20.000 saja, jangan harap Anda akan mendapatkan fasilitas tersebut. Biasanya ongkir gratis berlaku ketika pembeli mencapai pembelian Rp. 50.000 ke atas. Bahkan kalaupun Anda melakukan order pembelian sampai Rp. 49.950,- Anda tidak akan mendapatkan ongkir gratis itu. Tentu ini memancing kita untuk menambah barang pembelian sampai mencapai minimal order tersebut. Cilakanya, kita sering terpancing untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan hanya berburu ongkir gratis ini. 
  2. Ongkir gratis yang ditanggung biasanya dalam jumlah tertentu. Contohnya, kalau Anda membeli barang yang beratnya melebihi jumlah yang ditentukan, maka Anda harus menanggung lebihnya dari jumlah yang ditentukan. Misalnya, kalau jumlah ongkir gratis itu maksimal Rp. 20.000,- maka bila barang yang Anda beli itu melebihi jumlah tersebut, ya siap-siap saja Anda menambah ongkir. Contohnya ongkir yang harus dibayar Rp. 40.000 maka Anda harus membayar sejumlah Rp. 20.000 lagi.
  3. Kalau Anda membeli banyak item barang, di tempat toko berbeda, dalam satu transaksi tentu saja ongkir yang diberlakukan, misalnya ketetapannya Rp. 20.000 ya sejumlah itulah ongkir gratisnya. Selebihnya, silahkan Anda membayar.
  4. Ongkir gratis biasanya dibatasi dalam satu bulan beberapa kali saja sesuai dengan ketetapan toko online tersebut.
  5. Ada kalanya di beberapa toko online ongkir gratis menggunakan kode kupon yang disediakan oleh toko tersebut. Sementara toko lainnya hanya menggunakan tanda khusus dari toko pelapak.
  6. Terkadang ongkir gratis tidak berlaku bagi semua pelapak, hanya pelapak-pelapak tertentu yang bertanda khusus ONGKIR GRATIS yang tentu berhubungan dengan penggunaan jasa pengriman tertentu atau yang sudah bekerjasama dengan toko online yang dimaksud.
  7. Terkadang juga ongkir gratis berlaku dengan pembayaran tertentu, misalnya dari e-wallet atau dompet elektronik tertentu. Kalau kita punya banyak point di toko online tertentu, maka kalau mau menggunakan point itu sebagai pembayaran, maka terkadang kita tidak boleh berharap mendapatkan ongkir gratis.
Jadi, tawaran ongkos kirim gratis memang menggiurkan, hanya saja, jangan senang seratus persen dengan penawaran tersebut, karena Anda akan bertemu dengan banyak syarat berikutnya.



0 komentar:

Posting Komentar