Cara-cara Mengumpulkan Ide-ide Konten Blog?

Kamis, 08 April 2021

Cara-cara Mengumpulkan Ide-ide Konten Blog?


Memang tantangan terbesar bagi blogger adalah ketidakkonsistenan atau keberlanjutan dalam pembuatan konten dan mengisinya dengan baik tulisan, video ataupun foto-foto secara terus-menerus. Banyak faktor yang melatarbelakangi mandeknya kita mengisi konten blog kita. 

  • Bisa karena kehabisan ide
  • Karena kehilangan semangat karena visi dilupakan
  • Terlalu sibuk
  • Merasa tidak ada yang membaca
  • Merasa idenya banyak yang tahu sehingga merasa untuk apa menulis mengenai idenya
  • Lebih sibuk dengan mempercantik tampilan blog ketimbang mengisi dengan konten. Bila hal ini yang terjadi, pertanyaannya adalah, untuk apa blog cantik tapi isi kosong?
  • Banyak alasan-alasan lain yang membuat blog berhenti hanya dibuat tetapi tidak mampu untuk dirawat.
Sebenarnya mudah bagi kita untuk melihat dan menilai apakah sebuah blog dirawat atau terbengkalai. Tapi perlu dipikirkan juga ketika kita akan membuat sebuah blog untuk memiliki sebuah visi. "Ah, kelincipin ngomong tentang visi untuk menyematkan pada blog," begitu kira-kira sebagian orang berpikir. Tapi mungkin kita tidak mau menggunakan kata visi, tapi tujuanlah dari blog yang sedang kita buat. Karena dengan memiliki tujuan yang jelas, maka kita akan terdorong untuk melakukan perawatan blog yang kita bangun, dari sisi tampilan, isi dan perjuangan untuk menjadikan blog kita terkenal.

Kalau perlu kita mencoba untuk membuat catatan mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan supaya blog kita bisa menjadi bagus, berisi dan dikenal banyak orang. Penulis sendiri walaupun tidak memiliki banyak ilmu mengenai blog, tapi perjuangan itu akan menemukan jalannya untuk berhasil. 

Kalau demikian, dari mana datangnya berbagai ide-ide untuk selanjutnya bisa menjadi sebuah konten berupa artikel untuk kemudian diposting di blog kita? Mari kita coba untuk mengumpulkan ide-ide yang bisa menjadi bahan untuk dijadikan postingan ke dalam blog kita. Bila sudah siap, mari melangkah dengan hal-hal berikut:
  1. Pikirkan apa yang menjadi kebiasaan Anda?
  2. Pikirkan apa yang menjadi kelebihan Anda, dan silahkan didaftar
  3. Peralatan apa yang Anda miliki di rumah? Kalau Anda memiliki ponsel, mengapa Anda tidak mencoba mengambil foto-foto di sekitar Anda, alamnya, kebiasaan masyarakatnya, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, kegiatan apapun yang bisa menjadi sebuah berita yang menarik bagi orang lain. Jangan mengukur dengan apa yang kita tahu, tapi ukurlah dengan apa yang ingin diketahui orang lain.
  4. Tulislah seluruh ide-ide yang muncul dalam pikiran Anda.
  5. Dalam kamarpun, Anda bisa menghasilkan tulisan. Buatlah cerita pengalaman Anda, baik atau tidak baik untuk diceritakan. Memang harus diperhatikan juga rambu-rambu supaya tidak menyinggung orang lain, supaya tidak berhadapan dengan hukum, supaya tidak sampai menyerang pihak lain dan tidak merugikan keberadaan pihak lain.
  6. Kalau Anda biasa membuat cerita cerpen, cerbung, bahkan novel, mengapa kita tidak melatih untuk mengembangkan dan menuangkan dalam blog kita?
  7. Banyaklah membaca, karena dengan membaca akan muncul banyak ide. Walaupun harus diperhatikan jangan sampai kita hanya copy dan paste tulisan orang lain.
  8. Pengalaman Anda tentu akan menarik untuk diketahui oleh orang lain. Karena dari pengalaman Anda bisa menjadi pelajaran, menjadi informasi baru, menjadi berita segar bagi orang lain. Jangan terpaku, sudah ada pengalaman orang lain mengenai sebuah pengalaman. Karena sebuah pengalaman seseorang pastilah berbeda dengan pengalaman Anda, dari sisi teks, konteks, seperti tempat, keadaan, dan bahkan ceritanya akan berbeda.
Bila sudah terkumpul atau bila ide itu sudah didapat, sekarang Bagaimana Cara Memposting Konten di Blog? 

0 komentar:

Posting Komentar