Tips Menolong Mobil Depan yang Kartu Tolnya Tidak Berfungsi

Selasa, 08 Juni 2021

Tips Menolong Mobil Depan yang Kartu Tolnya Tidak Berfungsi



Menolong orang lain adalah perbuatan mulia, demikian kata agamawan ketika memberikan wejangannya. Termasuk menolong orang lain yang terjebak di pintu tol masuk karena kartunya tidak berfungsi. Tapi tentu saja bukan berarti menolong itu tanpa perhitungan juga, dalam arti karena semangat menolong yang ada dalam diri kita, kemudian kita tidak memperhitungkan kalau seandainya orang yang akan ditolong itu punya iktikad tidak baik? 

Ceritanya begini, sebuah mobil kesulitan masuk ke area tol karena ternyata kartunya tidak berfungsi. Tentu saja mobil yang ada di belakangnya tidak bisa melanjutkan karena tertahan oleh mobil yang tidak dibukakan pintu tadi. Mobil tadi kemudian keluar dan meminta tolong kepada pemilik mobil yang ada di belakangnya untuk meminjam kartu tol supaya pintu palang terbuka. Tapi begitu palang terbuka, pengendara mobil yang minta pertolongan tadi langsung ngacir dan tidak mau mengembalikan kartu dari si penolong tadi. 

Bayangkan bila itu terjadi pada kita, betapa paniknya kita karena yang terjebak berikutnya adalah kita sendiri yang punya niat baik tadi. Sementara orang yang ditolong malah kabur. Begitulah kira-kira cerita yang disampaikan oleh seorang sahabat FB. Ternyata, niat baik tidak selalu berbuah bahagia, tapi bisa berakhir celaka. Syukur kalau kita punya kartu lainnya, kalau tidak, kita yag akan menjadi masalah bagi mobil yang ada di belakang kita.

Banyak cerita yang disampaikan berupa pengalaman bagaimana orang menolong tapi istilahnya kepentung. Ada yang menolong dan kartunya dibawa lari, sehingga kita malah kesulitan untuk masuk ke jalan tol dan tidak bisa mengejar pelaku. Ada juga yang bersaksi di mana orang yang sudah ditolong lalu lari dan beruntung punya kartu tol serep atau ganda sehingga bisa secepatnya mengejar orang yang mentung tadi.

Makanya berikut ini tips dan langkah-langkah menolong mobil yang kesulitan masuk pintu tol karena persoalan kartu tol.

  1. Pastikan pintu mobil terkunci dengan baik
  2. Bila mungkin panggil petugas yang ada di sekitar tanpa meninggalkan mobil
  3. Bila pemilik mobil di depan mobil kita tadi yang tertahan datang ke kita, dengar apa  persoalan yang sedang dihadapinya
  4. Bila ia meminta tolong untuk meminjam kartu tol kita, jangan langsung memberikannya
  5. Bila kita tidak berniat menolong gratis, mintalah uang cast langsung saat itu juga. Apalagi kalau nominalnya besar.
  6. Keluarlah dari mobil dengan mengunci mobil dengan baik dan bantulah dengan menggesek kartu tol hingga terbuka.
  7. Carilah tempat yang aman untuk melanjutkan transaksi bila ternyata pihak yang ditolong tadi tidak membawa uang cash. Contohnya menggunakan internet banking atau cara-cara lainnya.
Selamat membantu sesamanya yang kesulitan, tapi dengan penuh perhitungan!


 

0 komentar:

Posting Komentar