Berbagai Aturan Minum Obat yang Perlu Diperhatikan - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Berbagai Aturan Minum Obat yang Perlu Diperhatikan


Berbagai aturan minum obat selalu disertakan bagi setiap orang yang akan mengkonsumsi yang perlu diperhatikan. Ada aturan minum obat, jenis penyakit yang diderita dan waktu minum obat yan benar dan seterusnya masing-masing memiliki aturannya. Ikuti aturan sesuai dengan obat yang diberikan supaya bisa mendapatkan manfaatnya.

Masing-masing jenis obat untuk berbagai penyakit berbeda satu dengan yang lain. Aturan-aturan tersebut harus diikuti untuk mendapatkan manfaatnya. Tapi memang muncul di masyarakat berbagai pendapat mengenai aturan minum obat ini. Seperti apakah obat diminum sebelum makan atau setelah makan. Beberapa jenis obat tidak boleh diminum dengan susu dan seterusnya. Apakah langsung ditelan atau pelan-pelan supaya mendapat manfaatnya dan seterusnya.

Kalau mendapatkan obat yang direkomendasikan oleh dokter dan saat membeli atau menebusnya di apotik, pihak apotik sudah menuliskan dengan lengkap di kertas penyertanya dan bahkan menjelaskan secara langsung bagaimana aturan minum obat yang diberikan tersebut. Bahkan ada dokter yang punya waktu untuk menjelaskan aturan-aturan minum obat tersebut dan bahkan pantangan-pantangan yang harus dihindari ketika mengkonsumsi obat-obat yang diberikan.

Tapi bagaimana kalau kita membeli obat-obatan bebas di pasaran, pihak apotik apalagi toko-toko obat bahkan toko kelontong tentu menganggap kita sudah mengetahui kegunaan dan kebiasaan kita dalam mengkonsumsi obat yang kita beli tersebut. Kalau obat-obat pasaran yang dijual bebas sudah memasang aturan pakainya dan bahkan tanggal kadaluarsanya. 

Buang Obat Bila Sudah Kadaluarsa

Mengkonsumsi obat yang kadaluarsa expired sangat beresiko bagi siapapun. Selain bisa menimbulkan keracunan karena obat sudah ditumbuhi oleh bakteri tapi lebih dari itu kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari obat tersebut. Artinya obat tersebut kehilangan khasiatnya untuk menyembuhkan tapi juga malah membahayakan apalagi bila dikonsumsi.

Perhatikan Jenis Obat yang Menyebabkan Ngantuk

Mengetahui jenis-jenis obat dan aturan pakai sebelum dikonsumsi juga berhubungan dengan aktifitas lain yaitu berkendara dan menjalankan mesin. Minum obat-obatan tertentu bisa menyebabkan rasa kantuk dan memperlambat daya reflek orang yang mengkonsumsinya. Sehingga bagi orang yang meminumnya harus beristirahat dan tidak melakukan aktifitas yang bisa membahayakan dirinya atau orang lain.

Dikatakan bisa membahayakan diri ketika minum obat tertentu yang biasanya obat-obatan untuk penyakit batuk dan juga pilek maka ketika berkendara atau menjalankan mesin bisa kehilangan kontrol penuh karena diserang oleh rasa ngantuk tadi. 

Jenis Obat yang Harus Diminum Pelan-pelan Tanpa Dibarengi Air Putih

Ada kalanya ada jenis obat cair yang khusus untuk mengobatan pada penyakit batuk di mana obat cair tersebut tidak bisa langsung ditelan apalagi diikuti dengan air sangat tidak disarankan. Tujuannya adalah obat tersebut justru dapat memberikan efek di tenggorokan supaya lebih lega dan obat diserap oleh darah dan efeknya meredakan batuk tersebut. Makanya perhatikan aturan minum obat jenis ini.

Jenis Obat yang Tidak Boleh Bersamaan dengan Bahan ini

Mengapa ada jenis-jenis obat-obatan yang bila dikonsumsi tidak boleh berbarengan dengan susu? Karena susu yang mengandung kalsium dan sementara jenis obat yang dikonsumsi mengandung zat besi maka hal tersebut dapat mempengaruhi daya serapnya seperti obat-obatan antibiotik dan biasanya juga obat jantung. Kalau demikian berapa lama jarak yang diperbolehkan antara minum obat jenis ini dan minum susu. Disarankan setelah 2 jam.

Jenis Obat yang Diminum Setelah Makan dan Sebelum Makan

Beberapa jenis obat yang disarankan dikonsumsi setelah perut terisi tapi ada obat-obatan yang justru sebaliknya yaitu diminum sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong. Jarak waktunya selama 1 jam setelah itu makan. Obat ini biasanya obat antibiotik yang tujuannya supaya mudah diserap. Biasanya kita mengenal obat maag dan sejenisnya.
Berbagai Aturan Minum Obat yang Perlu Diperhatikan Berbagai Aturan Minum Obat yang Perlu Diperhatikan Reviewed by Hati Kita on 15.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.