Tips Menghindari Terjadinya Zoom Bombing - MAKKELLAR.COM

Tips Menghindari Terjadinya Zoom Bombing


Sampai saat ini kebutuhan Zoom untuk video conferencel video group call terus menanjak. Tapi tahukah Anda bahwa pertemuan lewat zoom menjadi kacau karena terjadi zoom bombing. Zoom Bombing adalah adanya 'penyusup' yang tidak kita inginkan dalam pertemuan yang diadakan. 

Penyusup tersebut bukan hanya hadir dan duduk manis, tapi  justru menimbulkan kekacauan dalam meeting online itu dengan berbagai cara. Mengacau dengan isu-isu rasisme, atau pengiriman gambar nyeleneh dan seterusnya. Isu zoom bombing ini mungkin kalau di Indonesia jarang terjadi, tapi di Amerika menurut FBI kejadiannya cukup tinggi seperti yang dikutip oleh Liputan6.

Tapi supaya kita bisa mengantisipasi terjadinya zoom bombing maka tentu beberapa hal perlu dilakukan. Karena sebuah pertemuan online yang diharapkan akan berjalan dengan baik dan keputusan-keputusan penting bisa diambil tanpa ada kendala. Tapi juga lebih dari itu, bila tema-tema pembicaraan dianggap rahasia, maka bisa dijamin hanya orang tertentu yang bisa menjadi peserta dan tentu mengetahui tema yang akan dibicarakan.

Biasanya sebuah pertemuan online yang lebih formal memiliki daftar peserta. Seumpamanya 50 peserta atau 300 peserta meeting. Di sinilah harus ada orang yang bertanggung jawab untuk menganalisa para peserta. 

Selain daftar peserta, bila meeting yang akan dilakukan itu sifatnya lebih tertutup dan dibatasi jumlah dan orangnya, maka tautan atau link yang akan dikirim tentu orang-orang yang sudah ditentukan tadi. Bahkan pemberian link Zoomnya juga bukan sembarangan diberikan, tapi disampaikan baik secara pribadi maupun dalam group kontak. Dalam hal ini tidak mungkin link dikirim melalui Facebook, dan media sosial lainnya.

Walaupun begitu, ada kalanya sebuah pertemuan sifatnya terbuka dalam arti memang ditujukan untuk khalayak ramai. Tentu saja bukan berarti link yang dikirim di media sosial yang setiap orang bisa mengetahui dan mengaksesnya. Maka cara terbaik adalah dengan cara menyaringnya melalui pendaftaran terlebih dahulu. Dari pendaftaran tadi maka bisa dideteksi, siapa saja yang bisa masuk ke dalam zoom meeting.

Cara kita menyaring peserta zoom meeting maka kita gunakan cara di account host Zoom:

  • Klik Security
  • Centang Enable Waiting Room
BACA JUGA:

Tips Menghindari Terjadinya Zoom Bombing Tips Menghindari Terjadinya Zoom Bombing Reviewed by Hati Kita on 13.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.