2 Sumber Kebocoran Studio Termasuk Karena Banjir

Rabu, 26 Februari 2020

2 Sumber Kebocoran Studio Termasuk Karena Banjir

Ilustrasi Foto: Flickr

Menyebut keamanan studio tentu saja tidak menunjuk kepada keamanan dari pencurian. Karena kalau faktor keamanan dari tangan jahil maka tentu berhubungan dengan keamanan akses masuk ke dalam studio. Tentu berhubungan dengan pintu yang baik tapi juga mungkin ditambah CCTV. Tapi yang dimaksud adalah aman dari berbagai hal yang bisa menimbulkan kerusakan alat-alat yang ada di dalamnya.

Karena bagi teman-teman yang punya studio alat-alat studio itu bukanlah harga murah. Walaupun alat-alat studio sederhana saya yang murah sih. Hanya maksud saya adalah arti kebocoran bagi studio bukan hanya kebocoran suara yang keluar dari studio, tapi juga bisa jadi kebocoran yang sebenarnya di mana air masuk. 

Kebocoran suara memang menyulitkan dan membuat pusing kepala bagi pemilik studio, tapi lebih pusing lagi ketika kebocoran air masuk tambah pusing lagi. Tulisan ini sebenarnya ingin mengajak siapapun yang akan membuat studio, pikirkanlah faktor kebocoran air yang bisa masuk ke dalam studio seperti yang sekarang saya alami.

Kebocoran bisa terjadi dan datang dari arah atas, di mana hal ini berhubungan dengan penutup atas studio. Akan menjadi lucu ketika studio yang kita bangun kemasukan air yang dikarenakan atap rumah yang kurang bagus. Tentu kebocoran dari atas akan terhindar bila lokasi studio berada di lantai bawah di mana studio kita itu beratapkan beton atau dak. Tapi, bila studio kita berada di lantai paling atas, maka harus diperhitungkan supaya atap genteng benar-benar terhindar dari kebocoran. Studio saya tentu terhindar dari kebocoran dari atas, karena posisinya ada di bawah dak.

Tapi kebocoran itu bisa terjadi dari bawah. Dalam hal ini ketika banjir datang. Studio yang posisinya berada di bagian bawah, maka yang harus diantisipasi adalah jangan sampai ketika banjir datang, apalagi kalau banjir itu sampai melebihi setengah meter. Inilah yang terjadi dengan studio saya di mana kebocoran itu datang dari bawah.

0 komentar:

Posting Komentar