Ingin Beli Laptop, HP, Kamera Baru, Atau Second? Di Sini Tokonya

Rabu, 04 Maret 2020

Ingin Beli Laptop, HP, Kamera Baru, Atau Second? Di Sini Tokonya

Sumber Foto: flickr.com

Ada kalanya ketika kebutuhan sangat tinggi karena berbagai faktor, sementara kebutuhan sebuah barang, katakanlah seperti komputer atau laptop atau HP juga sudah tidak bisa dibendung lagi. Saya hanya mengambil contoh, saya harus membeli ponsel favorit saya karena ponsel saya yang lama eror dan tidak mau berkompromi lagi membantu saya memudahkan semua urusan. Tapi bukan hanya itu, entah karena pengaruh iklan, atau karena tawaran-tawaran muncul menyelinap dalam pikiran sehingga keinginan untuk membeli HP baru segera dirancang. 

Wah, memangnya hanya sekedar beli ponsel saja harus dirancang? Benar, karena Anda tahu bahwa konsumen seperti saya bila sudah dibeli tidak bisa dikembalikan kacuali karena faktor dari keteledoran penjual. 

Selebihnya, kita konsumen bila sudah memutuskan untuk membeli, maka keputusan itu bukan keputusan karena dapat wangsit setelah bangun tidur langsung melakukan transaksi, tidak. Keputusan tersebut sudah dianggap final dan mengikat yang tidak bisa seenaknya dibatalkan. Makanya, ketika kita akan membeli sebuah barang, lebih baik pikirkan masak-masak dari berbagai segi yang akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman saya.


Mengambil keputusan untuk membeli adalah satu hal, tetapi hal lainnya adalah apa yang akan kita beli nantinya bisa memberi kepuasan, bisa memenuhi kebutuhan saya, serta kita bisa mengatakan, "Barang Anda Luar biasa" kepada pembeli. Jadi jangan sampai setelah kita membeli, wah, kenapa saya memilih merk ini ya, atau mengapa saya menentukan ponsel yang cameranya buram, mengapa, ponsel ini baterainya cepat habis dan pertanyaan-pertanyaan mengapa itu harus diminimalisir. Kalau tidak, sekali lagi, yang ada kita hanya geram dan jengkel, tapi tidak bisa berbuat apa-apa. 

Mau dikembalikan ke toko? Ha ha ha ha ha ha, mana ada toko yang mau menerima barangnya sudah diobok-obok, dusnya sudah dibuka plastiknya, dalemannya sudah sedikit kotor karena tangan pembeli. Tidak mungkin, kecuali yang sudah melakukan perjanjian (Tapi apakah ada toko baik toko fisik maupun toko online?) Apalagi, kalau bicara masalah toko online, saya jamin sangat ribet sekali, dan tidak mungkin bisa dikembalikan kalau hanya pertimbangan kita tidak puas di luar ketentuan-ketentuan yang berlaku di toko online tersebut.

Baca Juga:

Produk Apple Watch Hanya Rp. 499999 Didiskon Lagi Hanya Rp. 177.000


Tidak Masuk Akal HP Spek Tinggi Dijual 500 Ribuan- 1 Jutaa

Maka pertimbangan-pertimbangan berikut ini yang saya lakukan dan menjadi cara saya untuk menentukan, yang mana yang akan saya ambil?

  1. Kegunaan ponsel atau laptop atau PC itu kebutuhan saya digunakan untuk apa? Ini penting, contohnya ponsel, jangan sampai kita akan gunakan untuk pengambilan banyak video, maka jangan hanya berpikir speknya tinggi, tanpa mempertimbangkan mencari ponsel yang memiliki kamera yang ciamik.
  2. Kalau saya ingin membeli laptop yang dapat digunakan untuk mengedit video, maka tentu saja saya mencari laptop dengan spesifikasi tinggi dengan grafis yang mumpuni. Jadi pertimbangan dan perhitungan dibutuhkan.
  3. Prinsipnya adalah, silahkan menggunakan pertimbangan dengan skala di mana laptop, ponsel, PC dll itu akan digunakan untuk apa? Kalau hanya untuk mengetik word atau sekedar untuk kerja menulis, yah, membeli yang biasa-biasa saja cukup.
  4. Kita dalam membeli barang disesuaikan dengan bertanya, apa manfaat barang itu untuk kemajuan saya. Kalau saya ingin membeli sebuah kamera, untuk apa kamera itu nantinya? Memang, kalau dana yang kita miliki berjibun, tentu saja kita bisa membeli apa saja, tapi kan mengetahui informasi sebuah barang yang ingin kita beli akan meminimalisir kekecewaan ketika barang itu ada di tangan kita. Sebaliknya barang itu akan memberi kepuasan dan menolong proyeksi dengan barang itu untuk kemajuan kita. 

0 komentar:

Posting Komentar