Inilah Marketplace Eksklusif dan Terbaik

Sabtu, 07 Maret 2020

Inilah Marketplace Eksklusif dan Terbaik

Sumber Foto: flickr.com


Ketika kita membutuhkan sesuatu, dari persoalan barang elektronik, kebutuhan sehari-hari dan bahkan barang yang sifatnya remeh-temeh kita bisa menentukan untuk membeli di toko sebelah, atau ke mall dan toko-toko penyedia barang-barang yang dimaksud. Tapi kalau tidak mau repot dan tidak punya kesempatan untuk melangkahkan kaki ke tempat-temapt yang saya sebut tadi, pilihannya ada di jari kita. Membeli secara online. 

Tapi jangan anggap membeli barang di toko online semudah membeli nasi di warung padang yang dalam hitungan menit dari kita bersuara memesan, langsung muncul tumpukan piring dengan aneka lauk pauk yang menggugah selera. Karena toko online juga berfariasi dan saya rasa mereka yang punya mengalaman pertama kali menentukan startup unicorn yang mana yang akan dijadikan market place eksklusif. Bahkan pilihannya semakin membingungkan ketika kita punya alternatif lain yaitu toko online dalam negeri atau yang marketplace luar negeri. Makanya jangan heran, kalau kita buka di ponsel kita bisa deretan aplikasi e-commerce untuk dijadikan alternatif pilihan kita mencari semua kebutuhan dan keinginan.

Baca Juga:

Produk Apple Watch Hanya Rp. 499999 Didiskon Lagi Hanya Rp. 177.000


Tidak Masuk Akal HP Spek Tinggi Dijual 500 Ribuan- 1 Jutaa

Situasi ini juga yang ditangkap oleh toko online itu sendiri dengan beriklan di berbagai tempat di mana kita berada. Coba saja Anda yang senang membaca berita, di sana mereka muncul. Apa lagi bagi Anda yang suka game online, mereka nongol dalam iklan mereka. Lalu yang penyuka tv, di sanapun mereka menggelontorkan uang supaya mereka bisa hadir menyela acara-acara kesukaan kita. Bagi yang suka baca buku online gratis, sebenarnya tidak gratis juga, sebab terkadang di sana kita ditunggu oleh iklan para starup itu. Pokoknya, intinya, di manapun kita biasa berada, di situ juga mereka akan menunjukkan keberadaannya.  

Saya sendiri mungkin punya pandangan berbeda ketika ingin menentukan toko online yang mana yang akhirnya akan dijadikan tambatan hati? Setidak-tidaknya inilah yang saya catat mengapa saya akhirnya menjadikan toko online kesukaan saya menjadi toko online yang sangat ekslusif.

  1. Mudah menggunakan aplikasinya.
  2. Barang-barang yang tersedia variatif bukan hanya variasi dalam jenis barangnya, tapi variasi dalam soal tipenya.
  3. Toko online tersebut bisa menyelesaikan dengan mudah apabila ada persoalan yang saya hadapi dengan penjual lapak.
  4. Cara kerjanya juga cepat dan benar-benar membantu saya untuk bisa memperoleh apa yang saya mau. Kalau saya menginginkan satu barang, dan karena saya ingin cepat maka saya menggunakan kurir sehari sampai. Tapi ketika penjual menerima order, penjual masih ogah untuk langsung melayani, maka toko onlie tersebut bisa turun tangan mengingatkan.
  5. Pilihan cara bayar tidak kaku dan banyak ragam. 
  6. Apakah diskon 95% berpengaruh dengan saya? Bisa ya, tapi juga bisa tidak. Mengapa? Karena bila sebuah barang didiskon 90%, tapi tentu saja pembeli akan mengintip ke toko online sebelahnya harga barang tersebut. Kalau harganya mirip-mirip, itu mah bukan diskon, tapi menaikkan harga barang, lalu didiskon seperti harga normal. Diskon akan dianggap berharga bila memang benar-benar harga diskon dari harga normal.
  7. Banyak Points. Tapi poin tersebut benar-benar points yang diberikan ihklas oleh toko online. memangnya ada point yang diberikan tidak ikhlas? Ada, yaitu di mana masa berlakuknya point itu sendiri hanya sekejab, 1 atau 2 hari. Selebihnya hangus.
  8. Ongkir
  9. Bebas ongkir? Tidak juga menjadi alasan utama. Bebas ongkir adalah pilihan di mana menjadi daftar tambahan bagaimana memilih marketpace. Karena kalau di toko online itu ternyata tidak ada barang yang dicari, kemudian penanganan terhadap masalah juga lelet, ya bebas ongkir bisa jadi hitungan ke sekian. Artinya, kalau memang ada bebas ongkir itu menjadi pendukung.
  10. Toko online tersebut tidak berafiliasi dengan kelompok-kelompok keagamaan, kesukuan, golongan, apalagi warna politik tertentu. Dan sebenarnya bila itu terjadi sangat bisa dirasakan. Makanya toko online itu berada di wilayah netral yang dia berdiri untuk siapa saja tanpa pandang bulu.
Nah, saya tidak tahu mungkin pembaca bisa memiliki hal-hal yang lain yang bisa menjadi daftar panjang artikel ini untuk diulas bagaimana kita mau menjadikan toko online itu menjadi marketplace eksluksif. Sehingga kita bisa berjabat tangan dengan toko online untuk menciptakan hubungan yang dekat.

Baca Juga:


    Seberapa CARE Pembeli kepada Penjual


0 komentar:

Posting Komentar